Selasa, 09 Desember 2014

Manfaat Manisan Carica Khas Dieng (Pepaya Gunung) Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Carica mengandung serat dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Buah carica, dari namanya saja sudah menunjukkan keunikan karena memang masih jarang didengar informasi tentang buah yang satu ini. Perbedaan anatara buah carica dengan pepaya yang biasa kita jumpai di pasar atau supermarket adalah buah ini ukurannya lebih kecil dari pepaya biasa dan juga buah ini hanya hidup di dataran yang bersuhu dingin seperti di daerah pengunungan dieng.
Dikatakan buah ini merupakan buah para dewa, yang seolah mengisyaratkan bahwa buah ini meiliki sejumlah manfaat yang besar bagi kesehatan. Buah ini mengandung sejumlah nutrisi seperti serat, vitamin E, vitamin B kompleks, enzim papain yang sangat tinggi, vitamin A, vitamin C.

Berikut Kandungan & Manfaat buah carica bagi kesehatan :

Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan
Kandungan zat enzim papain serta serat yang tinggi dalam buah carica dapat membantu proses pencernaan dan membantu membuang kotoran. Kandungan enzim papain dalam buah carica ini dapat membunuh bakteri jahat dalam usus dan menormalkan ph dalam usus. Sedangkan kandungan serat dalam buah carica dapat membantu memperlancar BAB sehingga bermanfaat untuk mereka yang mengalami sembelit atau susah BAB. Kandungan serat yang tinggi juga dapat mencegah terjadinya kanker kolon.
Kandungan Lainnya
Buah carica ini juga kaya akan nutrisi lainnya seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin E. masing-masing dari vitamin ini juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan.
Kandungan Vitamin C dalam buah carica sangat tinggi bahkan lebih besar di banding buah jeruk, sehingga dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas dan juga dapat meningkatkan kesehatan kulit anda. Vitamin C dapat membantu pembentukan kolagen sehingga dapat mengurangi kerutan pada kulit wajah anda.
Manfaat Buah Carica mengandung vitamin A dalam yang juga tidak kalah tinggi dengan wortel. Vitamin A sangat berkontribusi dalam menjaga kesehatan terutama pada kesehatan mata. Buah carica juga bisa digunakan sebagai nutrisi tambahan bagi mereka yang mengalami rabun senja. Rabun senja itu sendiri bisa terjadi dikarenakan kekurangan vitamin A, jika anda mengalami rabun pada senja hari sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti buah carica ini.
Meskipun kandungan B kompleks dan kandungan vitamin E dalam buah carica tidak begitu besar namun vitamin ini sangat berkontribusi dalam menjaga kesehatan. Seperti vitamin E yang dapat menjaga kelembapan kulit dan melindungi kulit dari kerusakan sinar UV dari matahari. Sedangkan vitam,in B complex dapat memberikan energi tambahan pada tubuh pada saat anda beraktivitas dan membantu proses metabolism tubuh.

Sumber : www.zonakesehatan.info

0 komentar:

Posting Komentar