Selasa, 09 Desember 2014

Carica Dataran Tinggi DIENG

Dataran tinggi Dieng di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk mencapai daerah tersebut, anda bisa melewati Kota Wonosobo atau Banjarnegara.
Carica atau pepaya Dieng oleh penduduk setempat sering disebut gandul Dieng dengan nama latin Carica pubescens atau Carica candamarcensis. Tanaman ini berasal dari Pegunungan Andes, Amerika Selatan dan mulai dibudidayakan di Indonesia ada masa penjajahan Belanda. Buah Carica ini merupakan tanaman yang hanya tumbuh di dataran tinggi yang bersuhu dingin dan bercurah hujan cukup tinggi. Berbeda dengan Pepaya lain yang cenderung membutuhkan banyak sinar matahari. Yang unik dari buah Carica, buahnya jauh lebih kecil daripada pepaya biasa. Ukuran buahnya hanya sekepalan tangan orang dewasa.
Buah Carica yang sudah matang warnanya kuning pucat. Jika dimakan mentah, rasanya asam. Oleh karena itu penduduk setempat biasa mengolah buah ini menjadi sirup atau manisan. Cara membuat manisan Carica relatif mudah dimana buah yang sudah matang dikupas dan dipotong-potong.
Biji buah lalu direbus dengan air hingga mendidih. Setelah mendidih, biji buah Carica disaring, sedangkan air rebusan diberi gula bersama potongan buah Carica. Setelah matang dan didinginkakn, manisan buah Carica bisa dinikmati. Lebih enak lagi jika disantap dimana buahnya dicampur es batu sehingga rasanya menjadi segar.
Perihal rasa tidak kalah dengan pepaya rumahan. Aroma harum, rasa manis sudah jelas dan jika diminum dalam keadaan dingin, terasa sangat menyegarkan. Itulah pepaya Carica yang buahnya bisa dibuat manisan sebagai oleh-oleh khas kota Wonosobo. Orang mengenalnya sebagai manisan carica dapat tahan cukup lama jika disimpan dalam lemari es di rumah.
carica
carica dieng
4
5
6
manisan buah carica siap saji
manisan buah carica siap saji
Selain menyegarkan tenggorokan yang kering karena dahaga, buah Carica memiliki khasiat lain yang bermanfaat bagi tubuh. Buah ini mengandung kalsium, vitamin A dan C, berguna untuk menghaluskan kulit, mengobati radang lambung dan menurunkan suhu tubuh. Buah ini juga baik dikonsumsi untuk atasi masalah pencernaan.
Bahkan ada yang lebih spesifik lagi kandungan dalan buah carika ini. Carica  banyak mengandung enzim  Papain, yaitu enzim yang berfungsi mempercepat proses pencernaan Protein. Enzim papain dalam buah pepaya mampu mencerna zat sebanyak 35 kali lebih besar dari ukurannya sendiri, itulah kenapa meski kandungan Protein dalam buah Carica tidak terlalu tinggi (4-6 gr) namun hampir selurunya dapat diserap oleh tubuh dan sangat berpengaruh pada produksi hormon pertumbuhan manusia. Bahkan penelitian baru-baru ini menunjukan kandungan Arginin pada buah carica dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker Payudara.
Kandungan Papain dalam buah Carica juga memiliki sifat antiseptik dan membantu mencegah perkembangbiakan bakteri yang merugikan di dalam usus. Membantu menormalkan pH usus sehingga keadaan flora usus pun menjadi normal.
Kandungan Vitamin C dalam buah Carica lebih tinggi dari kandungan Vitamin C pada jeruk. Carica juga memilik kandungan Vitamin A yang lebih tinggi daripada Wortel. Selain itu  Carica juga kaya dengan vitamin B kompleks dan Vitamin E yang tentunya baik untuk kesehatan.

Sumber : cherrypa.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar