Jumat, 05 Juni 2015

Kawah Sikidang


Asal usul nama kawah yang satu ini masih menjadi sebuah pertanyaan bagi masyarakat lokal dieng sendiri karena ada beberapa versi cerita yang menyebutkan sejarah kawah sikidang dari sisi mitos atau legenda di tengah masyarakat dieng.
Satu legenda yang populer di kalangan pengunjung atau wisatawan yang datang di area kawah terbesar yaitu munculnya kepundan kawah yang di sebabkan oleh tokoh fiksi seorang raja yang gagal meminang putri cantik karena tertimbun di dalam sumur yang di lakukan oleh pasukan sang putri untuk membunuhnya. Sehingga bagi penduduk lokal sendiri justru bertolak belakang dengan cerita legenda tersebut.
Sejarah kawah sikidang yang terbentuk ribuaan tahun silam ( pra sejarah ) dan membentuk kepundan di area kawah hingga kini masih menunjukkan aktifitasnya baik berupa solfatara maupun fumarola.

Nama kawah terunik di dataran tinggi dieng seperti sikidang masih di hubungkan dengan karakter kepundan kawah yang sering berpindah tempat . Namun ada juga yang berpendapat bahwa di area tersebut juga banyak di temukan satwa liar ( kijang ) karena di daerah pegunungan pangonan juga terdapat padang rumput yang di perkirakan sebagai habitat hewan kijang di masa lalu.

Terlepas dari semua itu, ternyata di area kawah sikidang dieng kita ( pengunjung ) bisa merasakan aroma khas seperti belerang dan tidak sedikit yang memanfaatkan sebagai terapi sauna alam atau mandi lumpur ( spa ). Objek wisata alam kawah sikidang bisa di tempuh dengan berjalan kaki ( 300 m) dari area parkir kendaraan. ayo yang gemar berwisata trekking bisa datang ke objek wisata yang satu ini.

0 komentar:

Posting Komentar